Piper Alpha offshore

Piper Alpha adalah produksi minyak Laut Utara platform yang dioperasikan oleh Occidental Petroleum (Kaledonia) Ltd platform mulai produksi pada tahun 1976, pertama sebagai platform minyak dan kemudian dikonversi ke produksi gas. Sebuah ledakan dan mengakibatkan kebakaran menghancurkannya pada tanggal 6 Juli 1988, membunuh 167 laki-laki, dengan hanya 59 selamat. Korban tewas termasuk 2 awak dari sebuah kapal penyelamatan. Total kerugian yang dipertanggungkan sekitar £ 1,7 miliar (US $ 3,4 miliar). Pada saat bencana platform yang dicatat sekitar sepuluh persen dari minyak Laut Utara dan produksi gas, dan merupakan bencana terburuk minyak lepas pantai dalam hal kehidupan yang hilang dan dampak industri. Mulai dieksplorasi pada 1976, Piper Alpha menghasilkan produksi antara 250 ribu-300 ribu barrel per hari dan 125 barrel per hari pada 1988. Tak pelak,Piper Alpha merupakan salah satu fasilitas yang menghasilkan produksi migas terbesar untuk Inggris.

The Kirk St Nicholas di Union Street, Aberdeen telah mendedikasikan sebuah kapel untuk mengenang mereka yang tewas dan ada patung peringatan di Taman Rose of Hazlehead Park di Aberdeen. Tiga puluh mayat tidak di
dikenali.


Piper Alpha merupakan ‘huge’ offshore platform dengan berat 20000 metrix tons di laut utara yang memproduksi natural gas, crude oil, dan liquified petroleum gas (Nat Geo source). Living Quarter terletak pada deck yang sama dengan process platform.

Piper Alpha ladang minyak

Empat perusahaan yang kemudian diubah menjadi perusahaan patungan OPCAL memperoleh lisensi eksplorasi minyak pada tahun 1972 dan menemukan ladang minyak Piper terletak di 58 ° 28'N 0 ° 15'E / 58,467 ° N 0,25 ° E / 58,467; 0,25 pada awal 1973 dan fabrikasi dimulai dari platform, pipa dan struktur pendukung darat. Produksi minyak dimulai tahun 1976 dengan sekitar 250.000 barel minyak per hari meningkat menjadi 300.000 barel (48.000 m3). Sebuah modul pemulihan gas dipasang pada tahun 1980. Produksi menurun hingga 125.000 barel (19.900 m3) dengan tahun 1988. OPCAL dibangun terminal Flotta minyak di Kepulauan Orkney untuk menerima dan memproses minyak dari ladang Piper, Claymore dan Tartan, masing-masing dengan platform sendiri. Satu tiga puluh inci (0,762 m) diameter pipa minyak utama berlari 128 mil (206 kilometer) dari Piper Alpha untuk Flotta, dengan pipa minyak singkat dari platform Claymore bergabung itu sekitar dua puluh mil (32 km) ke barat. Bidang Tartan juga makan minyak untuk Claymore dan kemudian ke jalur utama untuk Flotta [6] terpisah 46 cm pipa gas diameter berjalan dari Piper ke platform Tartan,. Dan dari Piper ke gas platform memadatkan MCP-01 sekitar 30 mil (48 km) ke Northwest.

Konstruksi

Sebuah platform besar, Piper Alpha terletak di ladang minyak Piper, sekitar 120 mil (193 km) timur laut Aberdeen di 474 kaki (144 m) air, dan terdiri dari empat modul yang dipisahkan oleh firewall platform tersebut. Dibangun oleh McDermott Engineering di Ardersier dan UIE di Cherbourg, dengan bagian bersatu di Ardersier sebelum tow keluar selama tahun 1975, dengan produksi dimulai pada akhir tahun 1976. Untuk alasan keamanan modul diorganisir sehingga operasi yang paling berbahaya adalah jauh dari daerah personil. Konversi dari minyak ke gas melanggar konsep keselamatan, dengan akibat bahwa daerah sensitif dibawa bersama-sama, misalnya kompresi gas di samping ruang kontrol, yang memainkan peran dalam kecelakaan. Ini menghasilkan minyak mentah dan gas alam dari 24 sumur untuk pengiriman ke terminal minyak Flotta pada Orkney dan untuk instalasi lain dengan tiga jalur pipa terpisah. Telah dikatakan [oleh siapa?] Bahwa pada saat bencana, Piper adalah salah satu platform terberat (bersama dengan Magnus dan Brae B), yang beroperasi di Laut Utara.

Kejadian di Piper Alpha

Peristiwa yang juga terkenal dengan Tragedi 6 Juli 1988 itu menewaskan 167 dari total 225 pekerja dan tercatat sebagai kecelakaan terburuk sepanjang sejarah pekerjaan offshore. Selain menelan korban jiwa, kerugian materiil diperkirakan mencapai US$ 3,4 miliar. Hanya dalam tempo kurang lebih 3 jam, platform yang terletak di Laut Utara, Eropa, dan dioperasikan oleh Occidental Petroleum (Caledonia) Ltd. ini terkubur di lautan. Lalu, bagaimana musibah mengerikan itu bisa terjadi? Berbagai analisis hingga saat ini masih mencari tahu bagaimana persisnya peristiwa naas itu terjadi. Namun, satu hal yang diyakini adalah: kesalahan koordinasi menjadi penyebab utama peristiwa 6 Juli 1988! Inilah beberapa kutipan kronologi kejadian Piper Alpha Disaster yang kami kutip dari berbagai sumber di internet.

Sebelum kejadian, dilakukan re-sertifikasi PSV pada discharge line dari pompa transfer kondensat A. Tapping point PSV pompa A di-blind sesuai dengan standar praktis. Setelah PSV di-discharge line, pompa A selesai disertifikasi, dan akan dikembalikan ke posisi semula. Tapi, sialnya, karena crane tidak tersedia saat itu, setelah berkonsultasi dengan operator di ruang kontrol, pekerja sertifikasi setuju melanjutkan pekerjaan pada keesokan harinya. Sementara, pompa transfer kondensat B sedang bekerja, memompakan kondensat ke pipa minyak serta menyuplai bahan bakar untuk generator pembangkit listrik.

Operasi offshore normal berlanjut hingga pukul 21.45, saat pompa B dalam kondisi mati. Automatic fuel switch dari kondensat ke diesel oil tidak bekerja. Sepengetahuan maintenance, operator menjalankan pompa A. Baik operator maupun maintenance tidak tahu bahwa tidak ada PSV di keluaran pompa A, dan hanya berupa slip blind. Setelah pompa A dijalankan, keluarlah kondensat dari slip blind yang ternyata tidak kuat pemasangan bautnya. Meledaklah modul C. Keadaan diperparah ketika komunikasi terputus, sehingga platform satelit di sekitar Piper Alpha tetap memompakan minyak/kondensat ke Piper Alpha. Kobaran jago merah pun tak terelakkan. Offshore Installation Manager (OIM) yang memegang komando darurat tidak mampu mengatasi keadaan. Galley, tempat berkumpul para pekerja, dipenuhi asap. Beberapa orang yang mengambil inisiatif meninggalkan galley-lah yang selamat. Pukul 23.20, gas riser meledak menimbulkan bola api. Pukul 00.45, platform mulai runtuh.

Tim investigasi menemukan defisiensi pada operasi Piper Alpha ini, di antaranya tag atau lock out procedure tidak diikuti dengan baik; operator tidak mendiskusikan informasi secara aktif ataupun permit yang di-suspend ketika ganti shift; suspended permit tidak diletakkan di ruang kontrol untuk kemudahan akses, tapi diletakkan di ruang safety officer; surat izin kerja tidak mengecek adanya cross-reference antar-pekerjaan. Lalu, minimnya pelatihan untuk kondisi darurat juga disebut-sebut menambah jumlah korban jiwa.

Menurut cerita saksi mata yang masih hidup, banyak dari mereka, terutama kontraktor yang bekerja di platform, tidak familier dengan rute evakuasi, lokasi lifeboat, atau cara mengoperasikan life raft. Occidental Petroleum menggunakan banyak tenaga kontraktor, sehingga frekuensi kedatangan dan kepulangan para kontraktor menjadi sering. Menurut tim investigasi, hal itu seharusnya diikuti oleh safety induction yang ketat dan terarah. Tanpa itu, Occidental Petroleum harus menuai tragedi yang diabadikan di Rose Garden, Hazlehead Park, Aberdeen, itu.

Setelah Kejadian

Ada kontroversi tentang apakah ada waktu yang cukup untuk evakuasi darurat lebih efektif. Orang-orang masih mendapatkan dari platform beberapa jam setelah kebakaran awal dan ledakan. Masalah utama adalah bahwa sebagian besar personil yang memiliki kewenangan untuk evakuasi pesanan telah tewas ketika ledakan pertama menghancurkan ruang kontrol. Ini merupakan konsekuensi dari desain platform, termasuk tidak adanya dinding ledakan. Faktor lain adalah bahwa berhubungan dekat platform Tartan dan Claymore terus pompa gas dan minyak untuk Piper Alpha sampai pipa yang pecah di panas dalam ledakan kedua. kru operasi mereka tidak percaya mereka memiliki otoritas untuk menutup produksi, walaupun mereka bisa melihat bahwa Piper Alpha terbakar.


Penyelam mendukung kapal terdekat dataran rendah Cavalier melaporkan ledakan awal sebelum pukul 22:00, dan ledakan kedua terjadi 22 menit kemudian. Pada saat penyelamatan helikopter sipil dan militer mencapai adegan, api lebih dari seratus meter di ketinggian dan terlihat sejauh seratus km (120 km dari Highlander Maersk) dari dicegah pendekatan aman. Tharos, sebuah kapal pemadam kebakaran spesialis, mampu mendekati platform, tapi tidak bisa mencegah pecahnya pipa Tartan, sekitar dua jam setelah awal bencana, sehingga terpaksa mundur karena intensitas api. Dua awak dari kapal MV siaga Fast Rescue Craft Sandhaven tewas ketika sebuah ledakan pada platform menghancurkan Cepat mereka, korban Ian Letham kemudian menerima Medal George. Jumlah korban terbesar (37 dari 59) itu ditemukan oleh Fast Rescue Craft MV Silver Pit; pengemudi James Clark kemudian menerima Medal George. Yang Lain dianugerahi Medali George Charles Haffey dari Methil, Andrew Kiloh dari Aberdeen, dan James McNeill dari Oban.


Api tetap berkobar dari platform itu akhirnya padam tiga minggu kemudian oleh tim yang dipimpin oleh petugas pemadam kebakaran terkenal Red Adair, walaupun kondisi yang dilaporkan dari 80 mph (130 km / h) angin dan ombak 70 kaki (20 m).

Penghargaan kepada Kecelakaan

Penyelidikan Cullen didirikan pada bulan November 1988 untuk menentukan penyebab bencana. Pada November 1990, dapat disimpulkan bahwa awal kebocoran kondensat adalah hasil dari pekerjaan pemeliharaan yang dilakukan secara simultan pada pompa dan katup pengaman terkait. penyelidikan itu kritis operator Piper Alpha, Occidental, yang dinyatakan bersalah memiliki pemeliharaan yang tidak memadai dan prosedur keselamatan. Tapi tidak ada tuntutan pidana yang pernah diajukan terhadap itu.


Tahap kedua penyelidikan yang dibuat 106 rekomendasi untuk perubahan prosedur keselamatan Laut Utara, semua yang diterima oleh industri. Sebagian besar rekomendasi ini adalah bahwa tanggung jawab untuk menegakkan keamanan di Laut Utara harus dipindahkan dari Departemen Energi untuk Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan, memiliki tingkat produksi dan keselamatan diawasi oleh lembaga yang sama adalah konflik kepentingan.


Bencana ini menyebabkan klaim asuransi dari sekitar US $ 1,4 miliar, sehingga pada waktu itu bencana buatan manusia terbesar yang dipertanggungkan. Asuransi dan reasuransi proses klaim mengungkapkan kelemahan serius dalam cara perusahaan asuransi di Lloyd's of London dan di tempat lain terus melacak eksposur potensi mereka, dan menyebabkan prosedur mereka yang direformasi.


Korban dan keluarga mereka yang meninggal kemudian membentuk Keluarga Piper Alpha dan Asosiasi Korban, yang kampanye tentang isu-isu keselamatan Laut Utara.

kecelakaan yang menandai pelampung sisa-sisa Piper adalah sekitar 120 meter dari sudut selatan-timur dari platform pengganti Piper Bravo. Sebuah efek yang berlangsung dari bencana Piper Alpha adalah pembentukan pertama Inggris serikat "Margaret Thatcher pasca-" perdagangan, Offshore Industry Liaison Committee.


Sebuah patung peringatan, menunjukkan tiga pekerja minyak, dapat ditemukan di Rose Garden dalam Hazlehead Park di Aberdeen pematung ini Sue Jane Taylor, seniman Skotlandia yang telah mengunjungi platform Piper tahun sebelumnya, dan berdasarkan banyak nya. bekerja di sekitar apa yang dilihatnya di dalam dan sekitar industri minyak.

0 komentar:

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Entri Populer

About Me

Foto Saya
aulia_rinaldy
Lihat profil lengkapku

Statistik visit

Chat me

Followers

pasang iklan

Klik saya