jenis-jenis kapal Berdasarkan Perpindahan Barang
JENIS-JENIS KAPAL
Jenis-Jenis kapal Berdasarkan Perpindahan Barang
1. Kapal Lo/lo
Yaitu penaganan muatan dimana pergerakan perpindahan muatan dilakukan secara vertikal, kerena muatan yang berat, maka gerakan ini hanya dimungkinkan dengan menyediakan keran-keran khusus. Pada umunya peralatan keran ini diimpor dan nilai investasinya tinggi
Pelayanan muatan ini dapat digolongkan pada jenis kapal-kapal :
a. Kapal konvensional
b. Kapal Lash (lighter abroard ship )
Kapal peti kemas
Kapal peti kemas (Inggris: containership) adalah kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut peti kemas yang standar. Peti kemas diangkat ke atas kapal di terminal peti kemas dengan menggunakan kran khusus, yang dapat dilakukan dengan cepat.
2. Kapal Ro/ro
Yaitu jenis kapal di mana pergerakan perpindahan muatan secara mendatar (horizontal). Tenaga perpindahan ini dapat dilakukan dengan tenga manusia atau mesin menyatu diri, misalnya truk atau kepas, misalnya LUF (lift up Frame). Guna memudahkan pergerakn ini yang berarti pula memperkecil tenaga tarik/dorong, maka diusahakan memperkecil gaya geseran atau mengatur taraf ketinggian sedemiakn sehingga “ramp door” merupakan bidang datar antara dermaga dan dek kapal.
Kapal penumpang
Kapal Pelni Tilongkabila yang sedang sandar di Pelabuhan Benoa Bali.
Kapal penumpang adalah kapal yang digunakan untuk angkutan penumpang. Untuk meningkatkan effisiensi atau melayani keperluan yang lebih luas kapal penumpang dapat berupa kapal Ro-Ro, ataupun untuk perjalanan pendek terjadwal dalam bentuk kapal feri.
Di Indonesia perusahaan yang mengoperasikan kapal penumpang adalah PT. Pelayaran Nasional Indonesia yang dikenal sebagai PELNI, sedang kapal Ro-Ro penumpang dan kendaraan dioperasikan oleh PT ASDP, PT Dharma Lautan Utama, PT Jembatan Madura dan berbagai perusahaan pelayaran lainnya.
Memuat Mobil ke kapal ro-ro
3. Kapal Hisap (Suction)
Yaitu kapal curah di mana penaganan muatannya dengan cara mengisap/memompa melalui pipa. Pada jenis muatan benda padat (butiran, tepung) biasanya selain pengisapan dikombinasi dengan peralatan ban berjalan (conveyor belt) termaksud pada jenis ini, yaitu kapal-kapal curah yang menagani :
a. Muatan cair/kapal-kapal tangki (liquid bulkship) untuk minyak nabati, minya bumi, LNG, dan lain sebagainya
b. Muatan butiran (non liquid bulkship)untuk padi, jagung, gandum, semem, dan lain sebagainya. Penyimpanan dari muatan ini di darat dilakukan di dalam silo.
Kapal bijih pemuat besi
Kapal Muatan Butiran
4. Kapal Khusus
Yaitu jenis kapal curah lain yang menagani satu jenis muatan. Biasanya dikaitkan dengan sebuah industry misalnya kapal kayu gelondongan (logs carrier), peti kemas (container ship), kapal bijih besi (bulk ore ship). Selain itu terdapat pula jenis kapal-kapal ikan (fishing boats, stern trowler) dan kapal penumpang.
Bentuk lain dari kapal-kapal khusus ini terdapat pula kapal-kapal penumpang dan kapal-kapal kerja, yaitu kapal-kapal yang menunjang pelaksanaan fungsi kapal-kapal yang disebut di atas.
Jenis-jenis kapal kerja dapat disebutkan sebagai berikut :
a. Kapal – kapal kerja (working boats), misalnya kapal tunda (tug boat), kapal dorong (pusher boat), kapal suplai (supplay vessel), kapal bantu penyelamatan (salvage vessel), kapal keran apung (floating crane boat), pemancang tiang apung (floating piling boat), dan lain sebagainya.
b. Kapal-kapal keruk (dredger) dengan jenis-jenis pokok misalnya kapal-kapal timba, kapal-kapal cakram, kapal-kapal pemotong tanah, kapal-kapal pengisap lumpur, kapal-kapal pemotong dan pengisap, kapal-kapal pengisap dengan lambung.
Contoh :
Tongkang
Ponton di dermaga apung Kamal, Jawa Timur
Suatu kapal ponton boat kecil untuk wisata, yang dibangun dari antara dua ponton yang dipadukan
Ponton adalah suatu kapal yang dengan lambung datar atau suatu kotak besar yang mengapung, digunakan untuk mengangkut barang dan ditarik dengan kapal tunda atau digunakan untuk mengakomodasi pasang-surut seperti pada dermaga apung.
Ponton digunakan juga untuk mengangkut mobil menyeberangi sungai, didaerah yang belum memiliki jembatan. Sangat banyak digunakan pada tahun 1960an, 70an dan 80an di jalur lintas Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua. Sekarang sebagian besar sudah diganti dengan jembatan.
Untuk keperluan wisata, ponton juga masih digunakan. Untuk meningkatkan kestabilan kapal biasanya digunakan dua ponton yang digabungkan secara paralel.
Kapal – kapal ikan
Kapal Pandu
Kapal pandu adalah kapal yang memandu kapal besar masuk kedalam pelabuhan melalui alur yang berbahaya dan ramai sampai sandar di dermaga. Merupakan salah satu jabatan tertua yang sangat penting untuk meningkatkan keselamatan pelayaran.
Sebuah hovercraft militer milik Angkatan Laut Amerika Serikat
Kapal bantalan udara atau hovercraft (bahasa Inggris: "kapal melayang") adalah suatu kendaraan yang berjalan di atas bantalan udara (air cushion). Bantalan udara tersebut ditimbulkan dengan cara meniupkan udara ke ruang bawah kapal ini (plenum chamber) melalui skirt (sekat yang lentur) sehingga tekanan udara di dalam plenum chamber lebih tinggi daripada tekanan udara luar sehingga timbul gaya angkat.[1]
Untuk menggerakkan kapal bantalan udara, digunakan gaya dorong yang diperoleh dari baling-baling seperti pada pesawat udara. Gaya angkat kapal ini bekerja pada penampang yang luas, sehingga tekanan terhadap tanah atau air (ground pressure) yang ditimbulkan tidak besar. Dengan demikian, kendaraan ini dapat berjalan di atas lumpur, air maupun daratan dengan membawa beban yang cukup berat. Karena tidak adanya kontak langsung antara hovercraft dan permukaan daratan atau air, maka hambatan yang terjadi kecil sehingga hovercraft dapat melaju dengan kecepatan tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Google Translate
Entri Populer
-
VS Barusan ada pembahasan di forum tentang pemilihan kamera digital antara Canon vs. Nikon dilihat dari sisi investasi secara keseluruhan....
-
Anjungan lepas pantai adalah struktur atau bangunan yang di bangun di lepas pantai untuk mendukung proses eksplorasi atau eksploitasi bahan ...
-
Piper Alpha adalah produksi minyak Laut Utara platform yang dioperasikan oleh Occidental Petroleum (Kaledonia) Ltd platform mulai produ...
0 komentar: