PELABUHAN


Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Crane dan gudang berpendingin juga disediakan oleh pihak pengelola maupun pihak swasta yang berkepentingan. Sering pula disekitarnya dibangun fasilitas penunjang seperti pengalengan dan pemrosesan barang.
Kata pelabuhan laut digunakan untuk pelabuhan yang menangani kapal-kapal laut. Pelabuhan perikanan adalah pelabuhan yang digunakan untuk berlabuhnya kapal-kapal penangkap ikan serta menjadi tempat distribusi maupun pasar ikan.
Klasifikasi pelabuhan perikanan ada 3, yaitu: Pelabuhan Perikanan Pantai, Pelabuhan Perikanan Nusantara, dan Pelabuhan Perikanan Samudera.
Di bawah ini hal-hal yang penting agar pelabuhan dapat berfungsi:
  • Adanya kanal-kanal laut yang cukup dalam (minimum 12 meter)
  • Perlindungan dari angin, ombak, dan petir
  • Akses ke transportasi penghubung seperti kereta api dan truk.
Pelabuhan sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal yang dikehendaki merupakan tempat yang terlindung dari gerakan laut, sehingga bongkar muat dapat dilaksanakan demi menjamin keamanan barang. Kadang-kadang suatu lokasi pantai dapat memenuhi keadaan ini di mana kedalaman air/kolam pelabuhannya memenuhi persyaratan bagi suatu ukuran kapal tertentu, sehingga padanya hanya dibutuhkan dibangun suatu tambatan guna merapatnya kapal sehingga bongkar muat dapat dilaksanakan. Pelabuhan semacam ini disebut pelabuhan alam. Suatu keadaan lain di mana pengembangan suatu daerah dibutuhkan dibangun suatau pelabuhan, maka kolam pelabuhannya dibangun dengan cara mengeruk tanah dan padanya pula dibangun bangunan pelindung, yaitu pemecah gelombang, agar kapal-kapal dapat berlabuh dengan aman, pelabuhan semacam ini disebut pelabuhan buatan. Tipe lain yang tidak memenuhi kedua persyaratan extrim seperti diatas disebut pelabuhan semi alam. Selain itu pelabuhan dapat pula dilihat dari berbagai bidang, misalnya dari segi penyelenggaraannya (umum dan khusus), dari segi fungsinya seperti pelabuhan laut. Untuk lebih jelasnya di sini diberikan klasifikasi pelabuhan :




Jenis jenis pelabuhan Lainnya:
A. Ditinjau dari segi penyelenggaraannya ada 2 jenis:
1. Pelabuhan Umum
2.Pelabuhan khusus
B. Ditinjau dari segi fungsinya
1.Pelabuhan laut
2.pelabuhan pantai
3. Pelabuhan sungai
4. Pelabuhan samudra
C.Ditinjau dari segi penggunaannya:
1.Pelabuhan ikan
2.Pelabuhan minyak
3.pelabuhan penumpang
4.pelabuhan barang
5.pelabuhan militer
D.Ditinjau menurut letak geografisnya:
1.Pelabuhan alam
2.pelabuhan buatan

A. Ditinjau dari segi penyelenggaraannya ada 2 jenis:
1. Pelabuhan umum adalah pelabuhan yang diselenggarakan untuk kepentingan Pelayanan masyarakat umum;
Penyelenggaraanya Adalah unit pelaksana teknis / satuan kerja pelabuhan atau Badan Usaha Pelabuhan.
Daerah Lingkungan Kepentingan Pelabuhan : Adalah wilayah perairan disekililing daerah lingkungan kerja peraiaran pelabuhan umum yang dipergunakan untuk menjamin keselamatan pelayaran.
INSTANSI PEMERINTAH YANG MEMEGANG FUNGSI PELAKSANAAN KEGIATAN DI PELABUHAN UMUM :
  1. Instansi Perhubungan Laut / Syahbandar.
  2. Bea Cukai / Pabean.
  3. Imigrasi
  4. Karantina
  5. Kesehatan
2. Pelabuhan khusus adalah pelabuhan yang dikelola untuk kepentingan sendiri guna kegiatan tertentu;
Pengelola Pelabuhan Khusus Adalah pemerintah, pemerintah propinsi, Pemerintah Kabupaten/ kota atau Badan Hukum Indonesia yang memiliki izin untuk mengelola pelabuhan khusus.



B. Ditinjau dari segi fungsinya:
1. Pelabuhan Laut/Air adalah
Lokasi yang digunakan sebagai tempat asal-tujuan seta transit pergerakan lalu lintas penumpang dan barang yang menggunakan jasa angkutan laut/sungai (Badan Pertanahan Nasional)
2. Pelabuhan pantai, yaitu pelabuhan yang terletak di tepi pantai, misalnya pelabuhan Makassar, Balikpapan, Bitung, Ambon, Sorong dsb.
Pelabuhan Bengkalis merupakan pelabuhan pantai terletak di pulau Bengkalis. Secara administratif berada di kabupaten Bengkalis Propinsi Riau.
  1. Pelabuhan sungai, yaitu pelabuhan yang terletak di tepi sungai dan biasanya agak jauh ke pedalaman, misalnya pelabuhan Samarinda, Palembang, Jambi dsb.
4. Pelabuhan Samudera
Adalah Tempat kapal berlabuh untuk menaik turunkan penumpang dan barang untuk melayani kegiatan transportasi laut antar negara, memiliki fasilitas lengkap bongkar muat, penyimpanan, dok, penumpang, akses ke jalan atau jalan kereta api, dsb (Bakosurtanal)

C.Ditinjau dari segi penggunaannya



    1. PELABUHAN IKAN
Pelabuhan ikan adalah pelabuhan yang jenis kegiatannya terkait dengan ikan baik itu dalam pengiriman maupun perdagangan ikan.


Contoh pelabuhan ikan :

PROBOLINGGO (Pos Kota) - Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan Kota Probolinggo, diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu (29/12). Walikota Probolinggo HM Buchori, SH, Msi mengatakan, peresmian PPP Mayangan, dilakukan bersamaan dengan peresmian dua PPP lainnya, yakni PPP Tamperan di Pacitan, dan PPP Perigi di Tulungagung.

"Presiden meresmikan PPP Mayangan di Kabupaten Pacitan, bersama dua PPP lainnya," kata Buchori. Buchori bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Probolinggo, Ir

Wirasmo, dan Kepala Kantor Infokom, Drs Matalil, bertolak dari] Probolinggo, menuju Pacitan sejak Jumat (28/12) untuk mengikuti jalannya peresmian. Secara terpisah, Wirasmo, berharap, PPP Mayangan, bisa segera dioperasikan. "Saya juga berharap kapal perikanan yang ada di pelabuhan sebelumnya pindah ke pelabuhan baru itu," ujar Wirasmo.

PPP Mayangan memiliki kapasitas menampung kapal ikan berkekuatan 10 gros ton. Juga disediakan fasilitas bagi para nelayan untuk kegiatan pelelangan ikan. 

2.  PELABUHAN MINYAK
pelabuhan minyak adalah pelabuhan yang dikelola untuk kepentingan sendiri menunjang yang kegiatan perdagangan minyak
Contoh Pelabuhan Minyak :
Pelabuhan-pelabuhan Teluk Meksiko Dos Bocas, Cayo Arcas dan Coatzacoalcos, yang mengapalkan sekitar 80 persen dari ekspor minyak negara itu, bersama dengan pelabuhan minyak Pacific Coast Salina Cruz , kementrian itu mengatakan.Meksiko merupakan eksportir minyak mentah terbesar ke 9 dunia, mengapalkan rata-rata 1,7 juta barel per hari pada 2007 dan salah satu dari tiga pemasok utama ke Amerika Serikat, yang membeli 80 persen dari minyak yang diekspor Meksiko.
Ekspor Pemex dalam beberapa bulan terakhir mengalami penurunan dikarenakan cuaca buruk yang telah menghambat pengapalan untuk beberapa hari terakhir dan dalam beberapa kasus yang dipicu evakuasi alat-alat pembor minyak.

3. PELABUHAN PENUMPANG

Pelabuhan Penumpang adalah pelabuhan yang dikelola untuk kepentingan pelayaran domestic dan pelayaran internasional.

Contoh Pelabuhan Penumpang :

a. Di SUNGAI DUKU

Pelabuhan penumpang ini banyak melayani pelayaran domestik dan pelayaran internasional, seperti ke melaka malaysia. Jadi klo orang pekanbaru nak ke malaysia udah bisa jalan laut dari pekanbaru. tak mestilah dari pelabuhan dumai. Kekurangan pelabuhan ni antara lain seperti retribusi karcis masuk yang lumayan mahal, area parkir yang kurang memadai, petugas adpel yang kurang profesional karena mengizinkan kapal berangkat yang telah melebihi kapasitas muatannya (sangat membahayakan keselamatan penumpang), ruang karantina penumpang dari/ke luar negeri yang kurang baik dan tidak terlalu dijaga ketat.

b. Pelabuhan Penumpang Internasional Batam Center

Batam, Kompas - Terminal penumpang kapal feri Pelabuhan Internasional Batam Center dengan rute Batam- Singapura dan Batam-Johor mulai dioperasionalkan, Jumat (8/8) pukul 05.30. Terminal Batam Center yang luasnya 4.300 meter persegi ini dibangun Otorita Batam (OB) bekerja sama dengan PT Synergy Tharada dengan investasi sebesar Rp 70 miliar.
Terminal Batam Center merupakan pengganti terminal penumpang Pelabuhan Batu Ampar yang direncanakan digunakan sebagai perluasan khusus pelabuhan barang dan kargo

4. PELABUHAN BARANG
Pelabuhan barang adalah pelabuhan yang diselenggarakan untuk kepentingan pengiriman atau tempat transit barang.
Contoh pelabuhan Barang :

SINGKIL - Pelabuhan barang yang ada di Teluk Pulo Sarok Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil sampai saat ini kondisinya masih terbengkalai setelah hancur hingga tidak berfungsi lagi pascabencana gempa 28 Maret 2005 yang lalu.

Pada tahun 2006 Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi (BRR) NAD Nias telah berupaya membangun jalan masuk ke pelabuhan tersebut secara bertahap. Pada tahap awal BRR NAD Nias membangun jalan masuk menuju pelabuhan dengan membuat tanggul beton lebih kurang 200 meter, namun sampai saat ini baik itu pihak BRR maupun Pemda Aceh Singkil belum ada tanda tanda akan melanjutkan pembangunan pelabuhan tersebut.

Menurut Edi, keberadaan pelabuhan barang yang ada di Teluk Pulo Sarok sangat penting, karena dengan adanya pelabuhan barang tersebut akan membantu para pihak yang akan mengirimkanbarangnya ke luar Singkil dengan mengunakan fasilitas kapal. Selama ini aktifitas bongkar muat barang terpaksa dilakukan di pelabuhan fery yang ada di belakang pendapa Bupati Aceh Singkil, ujarnya. Ismail seorang pengusaha pengangkutan di Singkil kepada Serambi mengatakan bahwa pembangunan pelabuhan barang yang ada di Teluk Pulo Sarok harus dilanjutkan oleh BRR maupun Pemerintah Provinsi NAD. Menurut Ismail, fasilitas laut berupa pelabuhan barang yang ada di Teluk Pulo Sarok Singkil tersebut sangat stategis dalam rangka menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena untuk sekarang saja masyarakat yang ada di Singkil, Pulau Banyak dan Kabupaten Simeulue sangat kesulitan untuk memuat dan membongkar barang, sehingga kehadiran fasilitas laut berupa pelabuhan barang sangat membantu arus ekonomi masyarakat Aceh Singkil.

5. PELABUHAN MILITER
Pelabuhan Militer adalah pelabuhan yang diselenggarakan untuk segala kepentingan kegiatan dari militer.

Contoh Pelabuhan Militer :
Keberadaan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) di pantai laut selatan Jawa sangat diperlukan untuk membangun pertahanan keamanan negara.
"Sampai saat ini belum ada pelabuhan militer yang dibangun di wilayah pantai yang menghadap langsung ke Samudra Indonesia," kata pakar politik internasional Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Samsu Rizal Panggabean, Jumat.
Menurut dia, wilayah yang menghadap langsung ke samudra luas memerlukan benteng pertahanan untuk menjaga negara dari kemungkinan serangan dan gangguan dari negara lain.
Langkah pembangunan Lantamal di Yogyakarta merupakan keputusan tepat mengingat Yogyakarta berhadapan langsung dengan Samudra Indonesia, kata dia.
Ia mengatakan, Lantamal yang akan dibangun di Yogyakarta ini hanya berupa pelabuhan militer, berbeda dengan di Surabaya atau Belawan.
"Pelabuhan di Surabaya dan Belawan berfungsi ganda, selain sebagai pelabuhan militer juga sebagai pelabuhan sipil," kata dia. 

D.Ditinjau menurut letak geografisnya:


1. Pelabuhan Alam
Pelabuhan sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal yang dikehendaki merupakan tempat yang terlindung dari gerakan laut, sehingga bongkar muat dapat dilaksanakan demi menjamin keamanan barang. Kadang-kadang suatu lokasi pantai dapat memenuhi keadaan ini di mana kedalaman air/kolam pelabuhannya memenuhi persyaratan bagi suatu ukuran kapal tertentu, sehingga padanya hanya dibutuhkan dibangun suatu tambatan guna merapatnya kapal sehingga bongkar muat dapat dilaksanakan. Pelabuhan semacam ini disebut pelabuhan alam. 

2.Pelabuhan Buatan

Pelabuhan Buatan adalah pelabuhan yangmerupakan sebuah    pelabuhan yang komersial buatan manusia

Contoh pelabuhan buatan :
Pelabuhan Rashid dari atas
Pelabuhan Rashid (juga dikenal sebagai Mina' Rashid) merupakan sebuah pelabuhan komersial buatan manusia di Dubai, Uni Emirat Arab. Dinamai setelah Sheikh Rashid bin Saeed Al Maktoum, pelabuhan ini dibuka tahun 1972. Pada waktu itu pelabuhan tersebut hanya memiliki dua takal beroda dan kapasitas kurang dari 100.000 TEU[2]. Tahun 1978, pelabuhan ini diperluas untuk menambah 35 tempat berlabuh (lima diantaranya dapat digunakan oleh kapal kontainer terbesar waktu itu). Hari ini, pelabuhan tersebut (memiliki kedalaman 13 meter (43 kaki)) memiliki 9 takal beroda dan kapasitas 1.500.000 TEU.
Hari ini, Pelabuhan Rashid menyediakan tempat berlabuh untuk kapal kargo biasa, RoRo dan penumpang. Di awal 1980-an, Pelabuhan Rashid dibantu oleh Pelabuhan Jebel Ali, yang mana lebih jauh dari pusat komersial Dubai dekat perbatasan Abu Dhabi.
Dekat pelabuhan terdapat Dubai Drydocks dan Dubai Maritime City. Kedua fasilitas ini dibangun dekat Pelabuhan Rashid. Tetapi, pada Januari 2008, diumumkan bahwa pelabuhan ini dapat dibangun ulang. Seluruh operasi kargo akan dipindahkan ke Pelabuhan Jebel Ali di akhir Maret 2008. Pelabuhan Rashid akan berubah menjadi terminal kapal pesiar.[3] Juga, bagian dari pelabuhan akan digunakan Nakheel untuk membuat "sebuah penghunian tepi laut campuran" yang akan merumahkan 200.000 orang.

0 komentar:

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Entri Populer

About Me

Foto Saya
aulia_rinaldy
Lihat profil lengkapku

Statistik visit

Chat me

Followers

pasang iklan

Klik saya