LAPISAN BUMI

Struktur bagian dalam bumi yang terbentuk sebagai suatu bidang yang tidak rata mula-mula tidak diketahui sampai dengan mulai dikembangkannya ilmu baru yang dapat mencatat terjadinya gempa bumi (seismologi). Baru-baru ini. Dengan cara ini dapat dicatat tenaga yang dikeluarkan oleh adanya gempa bumi yang merambat kepermukaan bumi. Dari data-data tersebut kemudian dapat ditarik kesimpulan tentang susunandari bumi ini. Pada saat ini sudah ada bukti yang kuat, bahwa bumi terdiri atas beberapa lapisan dimana setiap lapisan mempunyai kepadatan (density) dan komposisi yang berbeda-beda satu sama lain. Adapun uruta lapisan-lapisan tersebut adalah :


      1.    Atmosfer
Lapisan terluar yang terdiri dari bermacam-macam gas, seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida, uap air dan gas-gas lain (inert gas).


       2.    Hidrosfer
Terdiri dari semua air bebas yang terdapat di permukaan bumi yang terbentuk sebagai laut, samudera, dan danau-danau air tawar. Seluruhnya berjumlah 361.000.000 kilometer persegi atau kira-kira meliputi 71 % dari seluruh luar permukaan bumi.

      3.    Litosfer (lapisan Kerak Bumi)
Lapisan keras yang tebalnya antara 600-700 km membentuk dua tipe lapisan keras permukaan :
a.    Continental crust yang terdiri dari batu-batu granit yang membentuk hampir seluruh massa tanah yang terdapat di dunia (menutupi hampir sekitar 149.000.000 kilometer persegi atau kira-kira 29 % dari seluruh permukaan bumi)
b.    Oceanic crust yang terdiri dari batu-batu basal yang melapisi  lembah-lembah laut yang dalam.
     
      4.    Astenosfer
Bagian atas astenosfer dipercaya secara relatif adalah lunak dan dapat mengalir secara lambat sekali. Sedangkan bagian bawah astenosfer adalah keras. Lapisan litosfer yang terbentuk seperti lempengan mengapung di atas lapisan astenosfer sehingga dinamakan lempengan tektonik (tectonic plate). Hal ini dapat dibayangkan sebagai massa es yang besar mengapung di atas air.


       5.    Pusat Bumi (Central Core)
Pusat bumi adalah lapisan bumi yang sangat padat yang kaya mengandung logam-logam besi dan nikel.

0 komentar:

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Entri Populer

About Me

Foto Saya
aulia_rinaldy
Lihat profil lengkapku

Statistik visit

Chat me

Followers

pasang iklan

Klik saya