Resolusi Kamera



Kualitas hasil potretan kamera dari ponsel kerap diukur dalam jumlah pixel yang dihasilkan oleh sebuah foto. Pixel mengacu pada seberapa besar resolusi kamera yang dipakai. Makin tinggi resolusi kamra, makin tinggi pula kerapatan pixelnya.


Teori seperti ini barangkali sudah banyak yang mahfum. Namun tahu kah Anda bahwa sebenarnya ada kategori untuk mengelompokkan resolusi kamera, selain itu juga ukuran untuk dapat dicetak ke dalam kertas foto juga bisa menjadi panduan. Sebab, sering pula kita mem-push sebuah foto digital menjadi ukuran besar pada kertas foto, padahal file dalam ukuran kecil. Yang terjadi pixel foto dipaksa untuk membesar yang pada akhirnya malah membuat blur.

Besar kecilnya resolusi kamera pada ponsel juga berpengaruh pada berapa banyak foto yang bisa disimpan di sebuah kartu memori. Sehingga ketika Anda memotret, tidak lagi pusing ketika tiba-tiba memori telah penuh.

Besarnya file setiap foto sudah barang tentu berlainan, sebab foto indoor dengan outdoor pun berbeda besar filenya. Namun sebuah foto bisa diperkirakan akan mampu dicetak dengan ukuran (cm) seberapa besar di atas kertas foto.

Hasil foto dengan menggunakan Kamera Digital bisa kita lihat langsung melalui Komputer tanpa harus membawa ke lab foto untuk dicetak. Namun tidak bisa dihindari bahwa kita terkadang masih memerlukan hasil foto yang dicetak sehingga bisa dilihat kapan saja dan dimana saja tanpa tergantung dengan komputer. Meskipun kualitas sebuah foto digital ditentukan oleh banyak faktor, tapi resolusi tetap menjadi salah satu penentu utama. Resolusi diukur dengan satuan pixel (bujursangkar berisi informasi warna) yaitu jumlah detil yang bisa ditangkap oleh kamera. Makin banyak jumlah pixel dalam satuan luas, makin halus dan baik kualitas foto digital. Resolusi kamera juga terkait dengan proses cetak tadi. Besar Resolusi yaitu 1280×960 (1MegaPixel), 1600×1200 (2MP), 3MP, 10MP dan lain-lain itu adalah menandakan banyaknya titik yang ada dalam gambar tersebut. Semisal foto dengan resolusi 1600×1200 berarti ada 1600 titik di horizontal dan 1200 titik di vertikal. Untuk resolusi 1 megapixel ukuran maksimum pencetakan adalah 4×6 inci. Sedangkan ukuran maksimum pencetakan kamera dengan resolusi 5 megapixel bisa mencapai 14×17 inci.

Beberapa resolusi khas meliputi:

256x256 - Ditemukan pada kamera sangat murah, resolusi ini sangat rendah sehingga kualitas gambar hampir selalu tidak dapat diterima. Ini total 65.000 pixel.

640x480 - Ini adalah akhir yang paling rendah "nyata" kamera. Resolusi ini sangat ideal untuk e-mail gambar atau posting gambar di situs Web.

1216x912 - Ini adalah "megapiksel" image ukuran - 1.109.000 total piksel - baik untuk pencetakan gambar.

1600x1200 - Dengan hampir 2 juta piksel total, ini adalah "resolusi tinggi." Anda dapat mencetak mencetak 4x5 inci diambil di resolusi ini dengan kualitas yang sama yang akan Anda dapatkan dari laboratorium foto.

2240x1680 - Ditemukan pada 4 kamera megapiksel - standar yang sekarang - bahkan lebih besar ini memungkinkan foto dicetak, dengan kualitas yang baik untuk mencetak sampai 16x20 inci.

4064x2704 - A-atas-baris-kamera digital dengan 11,1 megapixels mengambil gambar pada resolusi ini. Pada pengaturan ini, Anda dapat membuat inci 13.5x9 cetak tanpa kehilangan kualitas gambar.

0 komentar:

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Entri Populer

About Me

Foto Saya
aulia_rinaldy
Lihat profil lengkapku

Statistik visit

Chat me

Followers

pasang iklan

Klik saya